Ikuti Kami
POLLING
170
Pada 2024 pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kampar akan dilangsungkan. Siapa diantara mereka menurut saudara sosok yang tepat untuk 5 tahun ke depan? (Urut nama sesuai berdasarkan abjad)

Kampar

Afdal Jawab Tudingan Mundur Dari Kadis PUPR Kampar: Evaluasi dan Mutasi Biasa Dalam Jabatan Bagi Seorang ASN

pada

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kampar, Afdal.

Inilahkampar, Bangkinang – munculnya isu bahwa Kadis PUPR Kampar Afdal ST MT menyatakan mundur dari jabatannya ternyata tidak benar. “Apalagi kalau mundurnya saya itu disebabkan adanya desakan atau aksi mahasiswa ” jelas Afdal kepada wartawan, Kamis (31/01/2024).

Penjelasan Afdal ini menyikapi pemberitaan salah satu portal media yang menyatakan bahwa adanya aksi kelompok mahasiswa di Jakarta pada 25 Januari yang lalu, yang meminta agar Bupati Kampar untuk mencopot Afdal sebagai Kadis PUPR karena dinilai sudah terlalu lama. Bahkan dalam pemberitaan tersebut disebutkan bahwa Pj Bupati Kampar Hambali sudah mencopot jabatan Afdal tersebut dan menunjuk Erizal yang sebelumnya sebagai Kabid Cipta Karya sebagai Plt Kadis PUPR tersebut.

Namun semua pemberitaan ini dibantah oleh Afdal, menurutnya tidak ada dirinya menyatakan mundur sebagai Kadis PUPR. Apalagi sampai digantikan.

Walaupun sebenarnya, menurut Afdal evaluasi adalah tindakan yang biasa. “Bahkan selama lima tahun ini saya sudah mengalami tiga kali evaluasi, dua kali masa kepemimpinan Bapak Catur dan satu kali dimasa kepemimpinan Bapak Firdaus, dan itu hal yang wajar ” ujarnya.

Selain itu pemindahan atau mutasi sebagai kepala dinas atau pejabat adalah suatu hal yang tidak aneh. Karena sebagai ASN harus siap melakukan penugasan dari pimpinan. “Dan untuk pemindahan ini tidak harus oleh Kementerian tapi itu cukup dengan wewenang Bupati saja, karena ini masih selevel kadis di kabupaten” ujarnya.

Dan menurutnya kalaupun ada pertukaran pimpinan, sebaiknya jangan disertai dengan intrik seperti ini, karena ada prosedur dan mekanisme yang harus dijalankan.

Bantahan ini juga disampaikan oleh Erizal, saat dikonfirmasi media mengaku sedang melaksanakan umroh di tanah suci dan tidak mengetahui hal tersebut ” Maaf sayaa sedang fokus ibadah dan tidak mengetahui hal tersebut ” ujarnya.***