Ikuti Kami
POLLING
170
Pada 2024 pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kampar akan dilangsungkan. Siapa diantara mereka menurut saudara sosok yang tepat untuk 5 tahun ke depan? (Urut nama sesuai berdasarkan abjad)

Siak

Bangun Home Stay, PT BSP Mantapkan Program Unggulan Desa Wisata Dayun

pada

SIAK SRIINDRAPURA – Dalam rangka mendukung dan mengembangkan pariwisata di sekitar daerah operasi, PT. Bumi Siak Pusako melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM) melakukan penyerahan 2 unit home stay yang berada di Kawasan Embung Terpadu Desa Wisata Dayun kepada Penghulu (Kepala Desa) Kampung Dayun Nasya Nugrik didampingi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dayun dan juga perwakilan SKK Migas Sumbagut Vallerina, Rabu (8/2/2023).

CD Officer PT. BSP Yefni mengatakan,
pembangunan home stay ini adalah kegiatan PPM Tahun 2022 yang dibangun untuk memperkuat Desa Wisata Dayun dalam kegiatan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dan Alhamdulillah Desa Wisata Dayun terpilih menjadi Desa Wsata Terbaik 1 Provinsi Riau dan masuk dalam 50 Besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia.

Pemilihan Desa Wisata ini di ikuti oleh 3.419 desa dari 34 Provinsi di Indonesia yang ditaja oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Bahkan dalam malam Puncak ADWI di Jakarta pada 31 Oktober 2022 yang lalu, Desa Wisata Dayun meraih juara terbaik 1 Kategori Kelembagaan Desa. “Kami senang dan bangga , Program unggulan dan binaan kami diakui oleh Nasional,” ujar Yefni.

Penghulu Dayun, Nasya Nugrik menyampaikan ucapan terima kasih atas pembangunan dan serah terima home stay oleh PT. BSP. “Kami juga sudah mempunyai beberapa home stay yang berada di pemukiman penduduk di sekitar embung, namun saat musim liburan, home stay tersebut selalu penuh. Alhamdulillah, kami mendapatkan bantuan ini, akan segera kami fungsikan, sehingga pengunjung tidak perlu jauh jauh menginap di Kota Siak,” ulas Nasya Nugrik.

Ia sangat mengapresiasi program Sinergi Membangun Negeri yang selalu dilakukan bersama BSP. “Kami tidak hanya berpangku tangan, tapi kami mengajak untuk bermitra dan bersama membangun kampung kami ini,” terang Nasya.

Perwakilan SKK Migas Sumbagut Vallerina mengatakan, kehadiran mereka di Dayun selain menghadiri serah terima home stay juga sekaligus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap sejumlah program dan kegiatan yang bersumber dari anggaran Program Pengembangan Masyarakat dan salah satunya berlokasi di Kampung Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak. Kegiatan monev ini adalah untuk memastikan bahwa semua program dan kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan perencanaan secara efektif dan efisien serta memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi.

Di akhir kunjungan, Vallerina menyampaikan apresiasi kepada PT. BSP dan Pemerintah Kampung Dayun dengan pola kerjasama dan kemitraan yang telah dibangun sejak dulu serta berharap hubungan baik tersebut akan terus dikembangkan dikemudian hari dan dapat dijadikan rujukan untuk kampung yang lain.***