Ikuti Kami
POLLING
170
Pada 2024 pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kampar akan dilangsungkan. Siapa diantara mereka menurut saudara sosok yang tepat untuk 5 tahun ke depan? (Urut nama sesuai berdasarkan abjad)

Daerah

Buruan! Pemerintah Buka 2.3 Juta Formasi CASN di Tahun 2024

pada

Inilahkampar – Pemerintah memberikan kesempatan kerja bagi talenta muda Indonesia, dengan membuka formasi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2024. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan bahwa pemerintah akan membuka rekrutmen CASN sebanyak 2,3 juta formasi.

“Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan,” ujar Presiden dalam keterangannya, Jumat (05/01/2024).

Kepala Negara menuturkan bahwa pemerintah memberikan kesempatan bagi para lulusan baru atau fresh graduate dengan membuka formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2024 sebanyak 690 ribu orang.

“Tersebar di instansi pusat yaitu 207 ribu dan di instansi daerah 483 ribu,” ujar Presiden.

Selain itu, pemerintah juga akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN dengan membuka rekrutmen sebanyak 1,6 juta formasi yang belum diangkat sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

“Pemerintah juga akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN berdasarkan database BKN sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN, di mana tahun ini dilakukan rekrutmen sebanyak 1 juta 600 ribu formasi yang belum diangkat sebagai PPPK,” lanjutnya.

Rekrutmen CASN ini. digelar sebagai upaya pemerintah untuk menghadapi disrupsi teknologi yang sangat pesat.

Pemerintah membutuhkan para pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu, untuk itu tentu adanya upaya untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, efisiensi birokrasi dan mendorong peningkatan kinerja, serta akuntabilitas pemerintah.

“Saya mengundang saudara-saudara, talenta-talenta muda hebat Indonesia untuk memanfaatkan peluang rekrutmen calon ASN tahun 2024 dan menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi serta pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik,” tandasnya.***