Ikuti Kami
POLLING
170
Pada 2024 pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kampar akan dilangsungkan. Siapa diantara mereka menurut saudara sosok yang tepat untuk 5 tahun ke depan? (Urut nama sesuai berdasarkan abjad)

Kampar

Dalam 10 Hari, Petambak Ikan di PLTA Koto Panjang Merugi 4 Miliar

pada

Tim dari Dinas Perikanan Kabupaten Kampar saat turun ke lokasi.

BANGKINANG – Petambak ikan mas di PLTA Koto Panjang, tepatnya di wilayah Desa Merangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Riau merugi Rp.4 miliar.

Pasalnya ikan mas di PLTA Koto Panjang ini mengalami kematian lebih kurang 15 ton perhari terhitung sejak 21 Januari 2023.

“Kerugian sekitar 4 miliar rupiah. Kematian ikan ini sudah berlangsung selama 10 hari. Lebih kurang 15 ton perhari yang mati mendadak,” kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kampar, Zulfahmi kepada inilahkampar.com melalui telepon selularnya, Rabu (1/2/2023).

Ia menyampaikan bahwa ikan mas yang mati mendadak ini adalah ikan mas yang siap panen akibat terserang penyakit. Kematian disebabkan karena diserang penyakit ikan dan karena kualitas air.

Zulfahmi menjelaskan bahwa saat dilakukan dari hasil uji laboratorium, kondisi sampel menunjukkan ikan memutar-mutar diatas permukaan air, merah-merah dianus, insang berwarna merah dan tampak adanya bercak-bercak pada ikan ini.

Kepala Dinas Perikanan Kampar ini juga mengaku hampir setiap hari menurunkan tim yang ahli dalam melakukan mengantisipasi penyakit ikan ini.***