Ikuti Kami
POLLING
170
Pada 2024 pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kampar akan dilangsungkan. Siapa diantara mereka menurut saudara sosok yang tepat untuk 5 tahun ke depan? (Urut nama sesuai berdasarkan abjad)

Kampar

Dinas Perkebunan Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Kampar Serahkan Bantuan Pembeku Lateks ke UPPB

pada

Inilahkampar-BANGKINANG – Dalam upaya mendukung peningkatan program pengembangan pengolahan perkebunan dan peningkatan mutu dari komoditi perkebunan, khususnya Karet, Maka Dinas Perkebunan Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Kampar menyerahkan bantuan berupa cairan pembeku lateks.

Pada tahun ini, di Kabupaten Kampar 6 Kelompok yang mendapatkan bantuan tersebut, diantaranya Kelompok Tani Tunas Muda Desa Ranah Singkuang, Pondok Kuning Desa Simpang Petai, Rahmad Ilahi Desa Tanjung Rambutan, Harapan Jaya Desa Lubuk Agung, Bina Sejahtera Desa Tanjung Alai, Tani Mulya Desa Pulau Gadang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Plt Dinas Perkebunan Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Kampar Idrus, S.P melalui Kepala Bidang Usaha Tani Nur Aini, S.P, M.Si di Ruang kerjanya, Rabu (25/10/2023).

Penyerahan Pembeku lateks langsung didampingi Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI Andi Siti Fatimah, S.TP, Dinas Perkebunan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau yang diwakili oleh Yulifrida, S.P, M.M, Dinas perkebunan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Kampar diwakili oleh Kepala Bidang Usaha Tani Nur Aini S.P, M.si.

Nuraini mengatakan bahwa Petani karet di Kampar tahun 2023 sudah mendapatkan bantuan dari Direktorat Jenderal Perkebunan (Dirjenbun) bagian pengolahan dan pemasaran hasil perkebunan Kementerian Pertanian RI berupa pembekuan Lateks untuk Kelompok Unit Pengolahan Pemasaran Bokar (UPPB)

“Kita selalu berupaya meningkatkan hasil karet di Kampar, kita membantu dongkrak produksi karet dengan cara membentuk kelompok-kelompok usaha bersama dalam pemasaran karet di daerah,” ucapnya.

Dikatakan Nuraini, dengan adanya kelompok bersama ini, harga karet di petani tidak terlalu mengalami penurunan dari harga pabrik.

“Bantuan yang diberikan dimaksudkan untuk memacu semangat pekebun agar pengolahan pascapanen karet (lateks) menjadi lebih berkualitas sesuai standar nasional,” pungkasnya

Zulhendri selaku ketua UPPB Tunas Muda Desa Ranah Singkuang mengucapkan terimakasih kepada Dinas Perkebunan Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Kampar yang siap membantu masyarakat untuk meningkatkan produksi karet. “Semoga bermanfaat buat masyarakat kita khususnya di Desa Ranah Singkuang,” ucapnya.***(Yesi)