Ikuti Kami
POLLING
170
Pada 2024 pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kampar akan dilangsungkan. Siapa diantara mereka menurut saudara sosok yang tepat untuk 5 tahun ke depan? (Urut nama sesuai berdasarkan abjad)

Pekanbaru

Kades Sibiruang Terima Penghargaan Juara 2 Lomba Desa Mandiri se-Provinsi Riau

pada

Inilahkampar-PEKANBARU – Kepala Desa Sibiruang, Dodi Candra, SE terima penghargaan juara 2 lomba Desa Mandiri se-Provinsi Riau. Penghargaan ini diterima Dodi Candra pada acara rapat kerja penyelenggara urusan pemerintah desa se-Provinsi Riau 2023 yang dibuka Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M. Si di SKA Co Ex Pekanbaru, Kamis (2/11/2023).

Raker ini dilaksanakan selama 3 hari, 1 hingga 3 November 2023. Raker ini juga di ikuti oleh Mendagri RI yang diwakili Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa,  Kementerian Dalam Negeri RI Dr. Eko Prasetyanto Purnomo Putro, S.Si, M.Si, M.A melalui Virtual, Menteri Desa PDTT RI yang diwakili Sekretaris Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdeasaan Rachmatia Handayani,ST,MT, Gubernur Riau Syamsuar, Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution, Pj Bupati Kampar dan sejumlah bupati/wako di Riau, Direktur Utama PT Arga Bangun Bangsa Luki Alamsyah Agustriana Kadis PMD kabupaten/kota se-Provinsi Riau dan seluruh kepala desa se-Provinsi Riau.

Kepala Desa Sibiruang, Dodi Candra ini kepada wartawan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga bisa meraih sebuah prestasi untuk Desa Sibiruang, Kecamatan Koto Kampar Hulu.

“Alhamdulillah menerima penghargaan juara dua lomba Desa Mandiri se-Provinsi Riau. Terima kasih kepada semua elemen dan lapisan masyarakat Desa Sibiruang. Terima kasih juga kepada Dinas PMD Kampar, pihak Kecamatan Koto kampar Hulu, TA Kampar, Pendamping Desa dan PLD,” ujarnya.

Sebelumnya Gubernur Riau menyampaikan semoga dengan rapat kerja ini para kepala daerah dan kepala desa lebih gigih dan semangat untuk menjadikan desanya sebagai desa mandiri.  “Hal ini tentunya sejalan dengan misi ke tiga kami yang di tuangkan dalam RPJMD Riau 2019-2024 yaitu mewujudkan pembangunan ekonomi yang inklusif, mandiri dan berdaya saing,” ungkapnya.

Syamsuar menyampaikan bahwa di Provinsi Riau pada tahun 2023 ini terdapat  Desa Mandiri sebanyak 600 Desa, Desa Maju 585 Desa, Desa Berkembang 406 Desa, Desa Tertinggal 0 Desa dan Desa Sangat Teringgal juga 0 Desa.

Ia juga menyampaikan untuk Pertumbuhan ekonomi di provinsi Riau cukup baik yaitu 4.88 persen. Ia berharap pertumbuhan ekonomi ini terus meningkat untuk mewujudkan masyarakat yang sejahterah dan tentu Untuk menuju riau yang unggul dan berdaya saing.

Sementara itu Menteri Desa PDTT RI yang diwakili Sekretaris Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdeasaan Rachmatia Handayani,ST,MT menyampikan untuk Desa – Desa di Provinsi Riau Dapat terus berinovasi dan melakukan tindakan positif guna untuk mewujudkan kemajuan desa.dan dapat menyelesai permasalah permasalah yang ada.

Ia juga menyampaikan apresiasinya untuk desa desa di provinsi riau karna desa mandiri di provinsi riau meningkat dan juga untuk desa tertinggal dan desa sangat tertingal sudah 0 atau tidak ada lagi.

Setelah itu Sekretaris Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdeasaan Rachmatia Handayani,ST,MT, menyerahkan lencana kepada kepala daerah di provinsi riau atas komitmen dan kerja keras mendorong pembangunan desa dalam mewujudkan desa mandiri dan maju.

Pada kesempatan tersebut juga di adakan Penandatanganan Kesepakatan bersama  program pembangunan karakter dan budaya organisasi antara PT Arga Bangun Bangsa bersama Gubernur Riau dan Bupati / Walikota Se Provinsi Riau.

Selanjutnya pada acara tersebut juga diserahkan hadiah lomba desa tingkat provinsi Riau dimana 4 desa di kabupaten kampar menjadi pemenangnya di berbagai kategori, yakni Desa Koto Masjid Juara 1 Lomba evaluasi perkembangan desa dan kelurahan tingkat provinsi riau 2023, Desa Sibiruang Juara 2 Lomba penilaian status perkembangan, kemajuan, dan kemandirian desa provinsi riau, Desa Penghidupan Juara 2 Lomba Desa Kategori Maju dan Desa Bina Baru Juara 1 Lomba Penilaian Bulan Bakti Gotong Royong masyarakat desa tingkat provinsi riau.***