Ikuti Kami
POLLING
170
Pada 2024 pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kampar akan dilangsungkan. Siapa diantara mereka menurut saudara sosok yang tepat untuk 5 tahun ke depan? (Urut nama sesuai berdasarkan abjad)

Kampar

Kamsol Ikuti Seminar Nasional Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia Bersama Para Kadis

pada

Kamsol Ikuti Seminar Nasional Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia Bersama Para Kadis

BANGKINANG – PJ Bupati Kampar Dr, Kamsol mengikuti seminar nasional peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022. Seminar ini ditaja dengan tema ‘Indonesia Pulih Bersatu Melawan Korupsi’.

Seminar ini dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin secara daring melalui aplikasi zoom meeting, Jumat (9/12/2022). Zoom meeting dilansungkan di Balai Bupati Kampar.

Tampak hadir Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Riadel Fitri.Sp.M.Si, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ir. Nurhasani.MM, Kepala Dinas Diskominfo dan Persandian Yuricho Efril.S.Stp, kepala Dinas Lingkungan Hidup Dr. Aliman Makmur, kepala Dinas Pemadam Kebakaran Arizon.SE, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Lukmansyah Badoe.S.Sos.M.Si, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir.Cokro Aminoto.MM, kepala Perdagangan Koperasi dan UKM Hendri Dunan SP.MMA, kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Drs. Agustar. M.Si, Kepala Dinas Kesehatan dr. Zulhendra Mas’at, kepala Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir. Syarizal dan Direktur RSUD Dr.Asmara Fitra Abadi.

Dalam sambutannya, Kamsol menyampaikan bahwa 9 Desember 2022 adalah momentum hari anti korupsi se-Dunia. “Oleh karena itu, saya sebagai Penjabat Bupati Kampar menyampaikan seruan agar kita terus bergandengan tangan, merapatkan barisan untuk terus melawan korupsi.

“Tidak boleh ada keraguan lagi pada kita untuk memerangi korupsi. Tentu ini bukan pekerjaan yang tidak ringan. Ini merupakan pekerjaan yang akan terus mendapatkan tantangan dan perlawanan. Namun, kita harus terus melangkah tegap untuk maju kedepan melawan serangan-serangan balik demikian itu dengan satu tujuan yaitu menciptakan Kabupaten Kampar yang lebih bersih untuk sebuah tujuan yang mulia, yaitu menciptakan sebuah masyarakat lebih sejahtera dan adil,” pintanya.

PJ Bupati Kampar ini juga mengajak penyelenggara pemerintah agar setiap langkah dalam menyusun, mengimplementasi, mengevaluasi dan memonitor kebijakan harus benar-benar menegakkan kaidah pemerintah yang bersih dan kepada masyarakat, khususnya Kabupaten Kampar untuk berpartisipasi secara aktif dalam pemberantasan korupsi di semua bidang, dan ikut mengawasi penyelenggara pemerintahan di semua tingkat wilayah.

Sementara Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin melalui zoom meeting menyampaikan peringatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat, mencegah dan memerangi secara bersama-sama segala bentuk tindakan korupsi. Pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) disebutkan bahwa peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2022 bertemakan ‘Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi’.

“Peringatan Hakordia 2022 merupakan salah satu upaya menyampaikan laporan kepada publik tentang langkah-langkah pencegahan dan pemberantasan korupsi yang selama ini dilakukan baik oleh KPK maupun pemangku kepentingan antikorupsi lainnya. Saya juga menginginkan Hakordia 2022 menjadi sebuah gerakan yang mempresentasikan kebangkitan, kepulihan dan proses pembangunan semangat antikorupsi pasca pandemi Covid-19,” ujarnya.

Ma’aruf Amin juga berharap dengan dilaksanakan kegiatan ini akan memperkuat sinergi dan kolaborasi antara kementerian, pemerintah daerah, sektor usaha, sektor pendidikan serta organisasi masyarakat dalam melakukan upaya pemberantasan korupsi.

“Selain itu, juga memperluas keterlibatan masyarakat dalam menyebarkan dan mengimplementasian nilai antikorupsi, sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan mendorong keterlibatan masyarakat dalam melakukan pemberantasan korupsi,” tambahnya.***(Syawal Jose)