Ikuti Kami
POLLING
170
Pada 2024 pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kampar akan dilangsungkan. Siapa diantara mereka menurut saudara sosok yang tepat untuk 5 tahun ke depan? (Urut nama sesuai berdasarkan abjad)

Pendidikan

Mahasiswa UTHM Malaysia dan Universitas Pahlawan Kunjungi PWI Kampar

pada

Inilahlahkampar-BANGKINANG – Pengurus dan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar kembali mendapatkan kehormatan dikunjungi mahasiswa dan dosen pembimbing dari perguruan tinggi pada Selasa (12/9/2023).

Kali ini PWI Kampar dikunjungi oleh lima orang mahasiswa asal University Tun Hussein On Malaysia (UTHM) yang berkampus di Johor, Malaysia. Selain tamu dari Malaysia, juga terdapat lima orang mahasiswa dari Universitas Pahlawan (UP) dan dosen pembimbing Dr Hj Molli Wahyuni, S.Si, M.Pd.

Kedatangan mahasiswa dari dua kampus berbeda dari dua negara tetangga ini dalam rangka program pertukaran mahasiswa (student exchange” antara kedua kampus.

Kelima mahasiswa asal UTHM Malaysia ini adalah Nur Aina Umira, Nurul Haziqah, Muhammad Eyman Firdaus, Syahmi Mirza dan Danial Hakim.

Sementara lima mahasiswa UP yang ikut program ini adalah Sumayyah Azzahro, Della Salvina, Al Ahzuri, Suzila dan Adillah Azzahra.

Kedatangan rombongan dari UP dan UTHM disambut Ketua PWI Kampar Akhir Yani didampingi Kepala Seksi (Kasi) Olahraga Syawal, Kasi Hukum dan Pembelaan Wartawan Defrizal, Kasi Sosial dan Agama Gustika Rahman dan Harisep Arno Putra serta anggota PWI Kampar Pajri.

Dr Hj Molli Wahyuni, S.Si, MPd selaku dosen pembimbing dalam program ini mengatakan, kegiatan ini dalam rangka realisasi kegiatan students exchange kerjasama UP dengan UTHM yang dilaksanakan pada 10-23 September 2023.

Sementara kegiatan di Malaysia diantaranya diisi dengan perkuliahan bersama dengan mahasiswa UP untuk mata kuliah Metode Numerik yang direncanakan akan dilaksanakan pada Tanggal 21-29 Oktober 2023 yang akan diikuti sebanyak lima orang mahasiswa UP di kampus UTHM Malaysia.

Molli Wahyuni juga ikut berangkat ke Malaysia menjadi penceramah penulisan artikel media massa, sekaligus melakukan pembicaraan penelitian bersama dosen UTHM Malaysia di Pagoh Johor.

Selama dua minggu berada di Kampar, kelima mahasiswa UTHM ini selain belajar di kampus UP, juga diajak berkeliling beberapa wilayah di Kabupaten Kampar, diantaranya menikmati wisata kuliner khas Kampar makan ‘kupiek ndak batulang” di Kuok, wisata religi ke Masjid Jami’ di Pasar Usang, Air Tiris, wisata sejarah Candi Muara Takus, wisata alam Tepian Mahligai di Desa Pulau Gadang. “Hari ini setelah di Masjid Jami’, kami berangkat ke Candi Muara Takus, Kampung Patin dan Tepian Mahligai,” ulas Molli kepada wartawan, Rabu (13/9/2023).

Terkait kunjungan ke sekretariat PWI Kabupaten Kampar, Molli yang juga menjabat Dewan Penasehat di PWI Kabupaten Kampar menyebutkan, meskipun mahasiswa-mahasiswa ini dari jurusan matematika namun mahasiswa ini perlu mendapatkan informasi berbagai hal tentang dunia jurnalistik, terutama perkembangan media-media maupun perkembangan sosial kemasyarakatan di Kabupaten Kampar karena wartawan aktif melakukan peliputan berbagai kegiatan di lapangan. “Dengan adanya kunjungan ke PWI Kampar, anak-anak kita ini hendaknya bisa bertanya langsungn kepada wartawan yang bergabung di PWI Kampar,” ujar Molli.

Sementara itu Ketua PWI Kabupaten Kampar Akhir Yani mengaku sangat bangga dengan kedatangan para mahasiswa dari dua kampus dari dua negara ini. Pada kesempatan ini Akhir Yani menyampaikan beberapa hal terkait organisasi PWI yang telah berdiri sejak tahun 1946. Dikatakan, PWI berdiri seiring semangat melawan Agresi Militer Belanda ke Indonesia. PWI telah menjadi organisasi profesi wartawan terbesar di Indonesia yang telah diakui oleh Dewan Pers dan telah memiliki kepengurusan dari pusat, serta seluruh provinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia.

Ketua PWI Kampar dua periode ini mengatakan, PWI Kampar berkewajiban untuk mendukung dunia pendidikan. Kontribusi itu bisa dilakukan melalui pemberitaan positif terhadap dunia pendidikan dan mendorong masyarakat untuk melanjutkan pendidikan anak-anak mereka. “PWI Kampar juga sangat terbuka dengan perguruan tinggi manapun. Kami telah beberapa kali mendapatkan kunjungan dari adik-adik mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi. Bahkan kami juga melakukan silaturahmi ke kampus-kampus dan memberikan pelatihan jurnalistik maupun sosialisasi,” ulasnya.

Ia juga mendo”akan agar program yang digagas antara UTHM dan UP berjalan baik, sukses dan para mahasiswa yang mengikuti program ini sukses.