Ikuti Kami
POLLING
170
Pada 2024 pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kampar akan dilangsungkan. Siapa diantara mereka menurut saudara sosok yang tepat untuk 5 tahun ke depan? (Urut nama sesuai berdasarkan abjad)

Kampar

Pj Bupati Kampar Jadi Irup Detik-detik Proklamasi Peringatan HUT RI ke-78 Tahun

pada

Inilahlahkampar-BANGKINANG – Penjabat Bupati Kampar H. Muhammad Firdaus, SE, MM menjadi Inspektur Upacara detik-detik Proklamasi dan Penaikan Bendera Merah putih pada peringatan Kemerdekaan Republik Indonesa ke-78. Kegiatan detik-detik itu digelar di lapangan Upacara Pelajar Bangkinang Kota.

Hadir dalam upacara itu diantaranya Forkopimda Kabupaten Kampar, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar, Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Kampar drg. Yusi Prastingsih, MM, seluruh ASN dan THL. (17/8/2023)

Usai Upacara Pj Bupati Kampar menyatakan momentum HUT RI ke 78 tahun 2023 menjadi penyemangat baru bagi seluruh elemen Bangsa untuk membangun bangsa khusunya mencapai cita-cita Kabupaten Kampar, ubtuk itumari kita berikan yang terbaik demi Kampar yang maju ” Kata Muhammad Firdaus.

Kebersamaan dan Kesolidan sebagai refleksi Perjuangan para pahlawan dan pejuang yang telah mengorbankan jiwa dan raga untuk kemerdekaan Bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah” Kata Muhammad Firdaus SE.MM.

“Alhamdulilah upacara peringatan detik-detik proklamasi dan pengibaran sang saka Merah Putih dapat berjalan dengan baik dan lancar, terimakasih kepada seluruh Panitia, pelatih terutama Pasukan yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan sungguh” Tutup Firdaus.

Upacara diikuti oleh seluruh Forkopimda Kabupaten Kampar beserta isteri, Para Staf Ahli Bupati Kampar beserta isteri, Para Asisten di Setda Kampar, Seluruh Pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar, TNI/POLRI, Seluruh ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar, BUMN/BUMD di Wilayah Kerja Kabupaten Kampar, Organisasi Masyarakat dan para Pelajar. Disisi luar lapangan juga tampak masyarakat yang memadati untuk menyaksikan secara langsung proses pelaksanaan rangkaian Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih.

Pada Upacara Pengibaran Sang Merah Putih pada Tahun 2023 ini, didapuk sebagai pembaca Naskah Proklamasi adalah Ketua DPRD Kabupaten Kampar Muhammad Faisal, ST. Bertindak selaku Perwira Upacara Kapten Arh Diding Sukardi Pasi Pers Kodim 0313/KPR, Komandan Upacara Kapten Arm Alza Septendi jabatan Danramil 16 Tapung. Dan di barisan Kelompok Paskibraka dipecah menjadi 3 (tiga) kelompok yang dipimpin oleh Danki Ipda. Faisal, SE jabatan Kanit Turjagwali Satlantas Polres Kampar , yakni Pasukan 17 sebagai Pasukan Pengiring, Pasukan 8 sebagai Pasukan Pembawa dengan diapit oleh 4 (empat) orang Pengapit dari Anggota Batalyon 132/BS dan Pasukan 45 sebagai Pasukan Pengawal Bendera Merah Putih. Pasukan 17 dan 8 merupakan pasukan yang diambil dari Pelajar SMA/sederajat di Kabupaten Kampar yang lolos melalui beberapa tahapan seleksi ketat. Sedangkan Pasukan 45 berasal dari Anggota Polres Kampar.

Yang diberi kepercayaan untuk membawa Sang Merah Putih yang diserahkan oleh Pj. Bupati Kampar untuk kemudian dikibarkan adalah Dela Mayora Pelajar SMAN 2 XIII Koto Kampar dan yang bertugas sebagai pengibar adalah Muhammad Wavhi Umam Pelajar SMAN 1 Tapung Hulu, Jenny Roully Sandar Pelajar SMKN Keaehatan dan Pariwisata Bangkinang dan Zaki Ahmad Prawira Rusdi Pelajar SMAN 3 Siak Hulu.

Upacara berjalan dengan khidmat dan lancar tanpa ada kendala mulai dari persiapan, Pembacaan Teks Proklamasi dan Pengibaran Bendera Merah Putih.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-78 Tahun 2023 mengusung tema ” Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, yang mengandung makna mengajak seluruh masyarakat dan bangsa Indonesia untuk turut memaknai semangat yang terkandung dalam kemerdekaan, termasuk didalamnya semangat para pejuang.

“Dengan peringatan dan upacara pengibaran bendera ini kita sama-sama berharap untuk lebih berbenah dalam pembangunan Kabupaten Kampar kedepan untuk mencapai masyarakat yang sejahtera” demikian pernyataan singkat dari Pj. Bupati Kampar usai melaksanakan Upacara.

Dipenghujung acara juga menyajikan penampilan atraksi dari Polisi Cilik Kapolres Kampar, yang diakhiri dengan ucapan selamat dan sesi foto bersama.***