Ikuti Kami
POLLING
170
Pada 2024 pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kampar akan dilangsungkan. Siapa diantara mereka menurut saudara sosok yang tepat untuk 5 tahun ke depan? (Urut nama sesuai berdasarkan abjad)

Daerah

Pj Bupati Kampar Melakukan Kegiatan Evaluasi Triwulan ke-III di Kemendagri

pada

JAKARTA – Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol melakukan penilaian triwulan ke-III sebagai penjabat kepala daerah di Inspektorat Jendral Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Jakarta (9/3/2023).

Laporan triwulan ke-III ini merupakan laporan Desember 2022 – Februari 2023. Ini merupakan sesuai dengan petunjuk dan amanat dari SK Menteri Dalam Negeri 131.14-1222 tahun 2022 tentang pengangkatan Penjabat Bupati Kampar Provinsi Riau pada tanggal 23 Mei 2022.

Kamsol menyampaikan laporannya dihadapan tim evaluator, diantaranya Sekretaris Itjen  Dr. Muhamad Nur, ME, CRGP, CGCAE, CFrA . inspektur khusus Dr. Drs. Teguh Narutomo, MM, inspektur 1 Bachtiar Sinaga , SE, MM . inspektur 3 Dr. Deddy Winarwan, S.STP.,M.Si, inspektur 4 Drs. Arsan Latif, M.Si,  Wastama Drs. Azwan, M.Si dan Tenaga Ahli Nizwar Affandi.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Itjen Muhammad Nur menyampaikan bahwa laporan ini harus disampaikan setiap tiga bulan sekali terhadap penyelenggaraan pemerintahan yang dipimpin oleh penjabat, baik Gubernur maupun bupati/walikota se-Indonesia. “Alhamdulilah kali ini Pj Bupati Kampar telah dapat hadir guna menyampaikan laporan penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Kampar,” ujarnya.

Pada penyampaian ini tim Evaluator Deddy Winarman menyampaikan beberapa masukan dan tindakan dan intervensi yang harus dilakukan oleh Pj Bupati maupun terhadap beberapa komposisi anggaran yang menjadi mandatori pemerintah pusat. Begitu juga terhadap penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 yang harus dialokasikan, hal senada juga disampaikan oleh tim Evaluator Kemendagri terhadap masukan dalam pelaksnaan program kegiatan dan pembangunan di Kabupaten Kampar sesuai dengan amanat yang telah di keluarkan.

Sementara itu Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol yang didampingi Assisten III Bidang Administrasi Umum Ir . Azwan, Kadis PUPR  Kampar Afdal, ST, MT,  Plt Kepala Dinas Dikpora  H Aidil, Direktur RSUD Bangkinang sekaligus mewakili Dinkes Kampar dr. Asmara Fitrah Abadi dan Kepala Inspektorat Kabupaten Kampar Febrinaldi Tridarmawan,, S. STP, M. Si.

Ia mengatakan bahwa laporan ini berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Dari laporan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kampar merupakan yang terbaik dan mendapat apresiasi langsung dari Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian yang disampaikan Melalui Zoom Meeting beberapa waktu lalu.

Pada laporan ini juga memuat luasan wilayah Kampar, jumlah penduduk maupun serapan dan komposisi anggaran belanja dan pendapatan daerah setahun yang lalu maupun APBD Kampar tahun berjalan saat ini. Begitu juga terhadap anggaran mandatori seperti pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

Pada kesempatan tersebut Kamsol juga menyampaikan program pembangunan yang telah dilaksanakan di Kabupaten Kampar, seperti menjaga angka inflasi, menurunkan angka kemiskinan ekstrem hingga nol persen pada 2024 dan fokus menangani stunting.

Selain itu, Kampar juga terus menginventarisir permaslahan dalam bidang investasi, belanja produk dalam negeri, penataan master plan kota yang menunjukkan potensi dan keunikan daerah, menjaga stabilitas politik menjelang pelaksanaan Pemilu 2024. Dan yang tidak kalah penting menjaga kerukunan kehidupan beragama di Kampar .

Sementara untuk langkah insiatif yang mudah dan cepat di capai dalam waktu satu tahun (Quick Wins) Kami adalah Kedaulatan pangan, reformasi Birokrasi, Kampar sehat, Gerakan Bangkit Menuju Kampar Layak utama Beriman, gembira menuju SRA beriman, Santri Ecosocpreneur .

Selain itu juga di Gesa Gerakan literasi untuk Kampar maju beriman, Satu data Kampar, AMP For Kampar, kerjasama antara pemerintah dengan riset nasional, Kampar bersih, masyrakat mandiri dan produktif, Smart Farming Village To City, pembangunan infrastruktur yang mantap dan aman serta menggesa Desa Ekowisata Ramah Anak Peduli Perempuan dan Pendidikan (Derappp). Selain itu Kampar saat ini juga terus melakukan peningkatan pelayanan publik pada berbagai sisi, terutama yang berkaitan dengan pelayanan, dan Kampar akan segera mendirikan Mall Pelayanan Publik di Bangkinang Kota .

Terkait dengan hal yang mendesak seperti Penurunan Stunting alhamdulilah Kampar menjadi yang terbaik dalam Penurunan Stunting, dimana telah menggandeng lebih 200 Perusahaan, peluncuran program Peduli Tetangga dan penggunaan aplikasi Elektronik Jaring pengaman Stunting (e-Jps) .

“Kami juga terus berupaya dalam melakukan berbagai program kemasyarakatan, menjalin koordinasi dan komunikasi intensif dengan seluruh Forkopimda Kampar, Alim Ulama, Ninik Mamak dan tokoh masyrakat.  Selain program yang telah diatur diatas kami juga terus bergiat memberikan apresiasi kepada para Hafidz dan Hafidzah Al-Quran pada anak-anak Kampar yang sedang menimba ilmu pada berbagai sekolah dan pondok pesantren,” tutup Pj Bupati Kampar.

Kamsol menambahkan bahwa saat ini untuk angka Kemiskinan Ekstrem Pemkab Kampar terus melakukan inovasi-inovasi program yang dapat menyentuh lebih kurang 15000 masyarakat Kampar yang masuk di dalam P3KE Kementerian Sosial RI, melalui pembinaan industri kecil, industri rumah tangga maupun dengan penyaluran bantuan yang dapat menyentuh masyarakat miskin di Kabupaten Kampar.***