Ikuti Kami
POLLING
170
Pada 2024 pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kampar akan dilangsungkan. Siapa diantara mereka menurut saudara sosok yang tepat untuk 5 tahun ke depan? (Urut nama sesuai berdasarkan abjad)

Kampar

Terkait Peningkatan Gizi Anak Stunting, Ricana Djayanti Salurkan Bansos

pada

Inilahkampar.com, Kampar – Dalam upaya menekankan angka stunting di Provinsi Riau khususnya Kabupaten Kampar, yakni yang berkisar 14,5 % dan untuk mengatasinya, Pemerintah Kabupaten Kampar berkomitmen untuk menurunkan angka stunting melalui beberapa kebijakan kesehatan.

Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LK2S) Kabupaten Kampar, yang diketuai langsung oleh Pj. Ketua TP. PKK Kabupaten Kampar Ricana Djayanti Hambali menyerahkan bansos peningkatan gizi anak stunting dalam program pemberdayaan dan pelayanan kesejahteraan sosial pada kegiatan pelayanan dan penanganan terhadap anak stunting, di aula kantor Camat Kampar Utara Kabupaten Kampar, Selasa (23/01/2024).

Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kampar mengapresiasi kepada pemerintah Kecamatan Kampar Utara yang bersedia mensupport kegiatan ini dalam rangka ikut menyukseskan program penekanan angka stunting di Kabupaten Kampar.

“Terkait PMT, sudah di atur dalam Permenkes RI nomor 51 tahun 2016 tentang standar produk suplementasi gizi. Dalam Permenkes itu, telah diatur standar makanan tambahan untuk anak balita, anak usia sekolah dasar, dan ibu hamil. Pemberian makanan tambahan yang berfokus baik pada zat gizi makro maupun zat gizi mikro bagi balita dan ibu hamil sangat diperlukan dalam rangka pencegahan Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) dan balita stunting,” ujar Ricana.

Selain itu, Ricana menjelaskan pemenuhan gizi anak sejak dini bahkan sejak dalam kandungan atau disebut 1000 HPK perlu diperhatikan. 1000 HPK dimulai sejak dari fase kehamilan (270 hari) hingga anak berusia 2 tahun (730 hari). Kebutuhan gizi akan meningkat pada fase kehamilan, khususnya energi, protein, serta beberapa vitamin dan mineral sehingga ibu harus memperhatikan kualitas dan kuantitas makanan yang dikonsumsinya.

Oleh karena itu, pemenuhan gizi pada anak di 1000 HPK menjadi sangat penting, sebab jika tidak dipenuhi asupan nutrisinya, maka dampaknya pada perkembangan anak akan bersifat permanen. Perubahan permanen inilah yang menimbulkan masalah jangka panjang seperti stunting.

“Dampak stunting bukanlah pada saat sekarang saja, tetapi lebih kepada ke masa depan yang mana pasti sangat mempengaruhi tumbuh kembang, produktivitas dan intelegensia generasi penerus bangsa. Untuk itu mari bersama-sama atasi stunting dengan menjaga pola hidup sehat dan pola perilaku yang sesuai kesehatan,” tambahnya.

Disisi lain, Camat Kampar Utara menyampaikan bahwa Kecamatan Kampar Utara memang bukan lokus stunting, tetapi masih terdapat 8 balita penderita stunting. Tetapi pemerintah Kecamatan Kampar Utara telah banyak melakukan intervensi-intervensi terhadap penderita kasus stunting.

Penyerahan bansos paket nutrisi kepada perwakilan masyarakat yang anaknya menderita stunting diberikan berupa susu formula khusus anak stunting, vitamin, telor, beras dan suplemen kesehatan dalam bentuk sirup.(Mil)