Ikuti Kami
POLLING
170
Pada 2024 pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kampar akan dilangsungkan. Siapa diantara mereka menurut saudara sosok yang tepat untuk 5 tahun ke depan? (Urut nama sesuai berdasarkan abjad)

Politik

Dasril Affandi: Berziarah Kubur di Hari Raya Enam Mengingatkan Kita Akan Leluhur dan Kematian

pada

Inilahkampar-BANGKINANG – Tokoh muda Kabupaten Kampar, Dasril Affandi, SH. MH hadiri dan ikuti  tradisi Hari Raya Enam Idul Fitri 1444 H/2023 M atau biasa disebut aghi ayo onam oleh masyarakat Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar umumnya, Sabtu (29/4/2023).

Hari Raya Enam merupakan suatu tradisi yang dirayakan oleh masyarakat Bangkinang, usai merayakan Idul Fitri 1443H. Hari Raya digelar setelah berpuasa enam hari usai 1 Syawal. Perayaan tradisi Hari Raya Enam di Kampar dimulai dengan ziarah kubur, yang juga disebut Aghi Ghayo Zorah atau Hari Raya Ziarah. Usai berziarah kubur ke kuburan sanak saudaranya masing-masing, dilanjutkan makan bersama di mesjid.

“Aghi Ayo Onam (hari raya enam, red) di Bangkinang khususnya, tradisi yang luar biasa mengingatkan kita akan leluhur dan mengingatkan kita akan kematian, bahwa setelah menjalankan puasa Ramadhan dan setelah menjalankan puasa enam Syawal, dengan berziarah kubur. Dan ziarah kubur itu adalah mengingatkan leluhur dan mengingatkan kita kematian,” kata Dasril Affandi yang juga merupakan ketua Ikatan Keluarga Alumni Mahasiswa Kampar Jakarta (IKAMKJ).

Bang DA panggilan akrabnya yang berniat maju ke DPR RI dari PAN ini juga berharap tradisi aghi ayo onam terus terjaga. Karena menurutnya tradisi seperti ini merupakan tradisi yang sangat luar biasa, wadah ajang silaturahmi akbar.

“Semoga tradisi ini berjalan terus, dan juga menjadi wadah sebagai silaturahim bagi masyarakat Bangkinang, masyarakat Kabupaten Kampar pada umumnya. Yang pulang jauh dari rantau bisa bersilaturahim di kampung halamannya pada momen ayi ayo onam ini,” tambah pria mantan calon wakil Bupati Kampar ini.

Acara aghi ayo onam di Bangkinang ini juga dihadiri oleh Gubernur Riau Drs. Syamsuar, M.Si, Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM dan para pejabat lainnya.***