Ikuti Kami
POLLING
170
Pada 2024 pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kampar akan dilangsungkan. Siapa diantara mereka menurut saudara sosok yang tepat untuk 5 tahun ke depan? (Urut nama sesuai berdasarkan abjad)

Politik

Hari Raya Enam Idul Fitri di Bangkinang Akan Dihadiri Syamsuar dan Kamsol

pada

Azwan saat memimpin rapat persiapan menyambut hari raya enam di Bangkinang.

BANGKINANG – Hari raya enam atau ghayo onam yang biasa disebut masyarakat Kabupaten Kampar, khususnya masyarakat Bangkinang, jatuh pada besok 29 April 2023 akan dihadiri Gubernur Riau, Syamsuar.

Ghayo onam ini sudah menjadi tradisi turun temurun dan menjadi aktifitas keagamaan yang rutin di lakukan masyarakat Bangkinang. Selain akan dihadiri gubernur, juga akan dihadiri Pj Bupati Kampar, Pj Sekda Kampar dan Forkopimda Kampar.

Hal ini disampaikan Pj Bupati Kampar Ir. Azwan, M.Si saat memimpin rapat persiapan penyambutan hari raya onam yang diadakan di ruang rapat Bupati Kampar lantai II, Jum’at, (28/04/2023).

Dikatakan Pj Sekda Kampar, bahwa ini merupakan kegiatan keagamaan rutin masyarakat Kampar dan telah berlangsung sejak bertahun-tahun lampau. Perayaan yang dikenal dengan aghi ghayo onam dengan berziarah kubur.

“Kita akan kedatangan tamu dari berbagai daerah, termasuk dari Pemerintah Provinsi Riau. Oleh sebab itu, kita lakukan berbagai persiapan. Kepada seluruh OPD terkait agar dapat menjalankan tugas dan fungsi masing-masing, sehingga tidak terjadi kendala yang menyebabkan tidak khidmatnya kegiatan ziarah kubur ini nantinya,” kata Azwan.

Pj Sekda Kampar mengingatkan, untuk meramaikan dan memeriahkan ghayo onam dan ziarah Kubur yang merupakan satu-satunya yang ada di Provinsi Riau.

Sementara Sekretaris Camat Bangkinang Komaruddin menyampaikan bahwa kegiatan ini telah dua tahun tidak terlaksana, maka untuk tahun ini di prediksi akan lebih ramai dihadiri oleh peziarah dari Kecamatan Bangkinang maupun dari masyarakat Bangkinang yang berasal dari perantauan .

Dikatakan komaruddin pada Ghayo Onam ini akan kita tempatkan pada beberapa titik diantaranya pelepasan di Masjid Baitur Rahman Kampung Godang, Titik kedua di Masjid Mujahiddin Muara Uwai dan makan bersama Masjid Al-Falah Kelurahan Pulau.

Sementara dari rapat tersebut untuk tempat telah di siapkan oleh Kepala Desa masing-masing lokasi sedangkan untuk publikasi Baliho dan spanduk telah dipasang dibeberapa lokasi strategis maupun di Pusat kegiatan, dan siap untuk dipublikasikan melalui media oleh Diskominfo dan Persandian Kabupaten Kampar. Hal senada juga disampaikan oleh Dinas Perhubungan siap berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait dengan pengaturan lalu lintas yang di yakini akan sangat padat, Begitu juga terkait dengan pengamana oleh Satpol PP.

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Dishub Kampar Khalis Febriyasmi, Kabid Persandian Diskominfo Kampar Rahmat Junaidi, Kabag Protokol Setda kampar Irwan AR, Kabag Umum Setda Kampar Rusli, Kabid Diskes Alimora, Kabid Trantib Pol PP Hamdani, Kepala Desa Muara Uwai Edi Akmal , Lurah Pulau Seno, Kepala Desa Pulau lawas Andri Nuras, Kasi Pemerintahan Camat Bangkinang.***