Ikuti Kami
POLLING
170
Pada 2024 pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kampar akan dilangsungkan. Siapa diantara mereka menurut saudara sosok yang tepat untuk 5 tahun ke depan? (Urut nama sesuai berdasarkan abjad)

Kampar

Melalui Penandatanganan MoU, Hambali Harap Tingkatkan Kerjasama Dalam Pengawasan Pemilu

pada

Inilahkampar, Bangkinang – Pj Bupati Kampar Hambali, SE.M.Ba.MH menyaksikan penandatanganan MoU antara FKDM (Forum Komunikasi Dalam Masyarakat) dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) yang berlangsung di ruang rapat lantai II kantor Bupati Kampar Bangkinang Kota Kabupaten Kampar, Senin (22/01/2024).

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Asisten I Bidang Hukum dan Kesra, Ahmad Yuzar Kepala Badan Kesbangpol Drs.Mahadi.M.Si, Ketua Bawaslu Kampar Syawir Abdullah.SH dan Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Hafis Tohar.SH.MH.

Dalam penandatanganan MoU tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kerjasama antara FKDM dan Bawaslu dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pemilihan umum dan proses demokrasi lainnya.

“Partisipasi masyarakat memfasilitasi partisipasi yang aktif melalui FKDM dalam pemantauan dan pelaporan terkait pelaksanaan pemilihan umum, dapat meningkatkan keterlibatan warga dalam proses demokrasi, pencegahan pelanggaran merancang langkah-langkah pencegahan bersama untuk mengurangi potensi pelanggaran dan ketidak beresan dalam pemilihan umum,” ujar Hambali.

Penyusunan program pelatihan dan edukasi bersama guna untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan anggota FKDM terkait tata cara pemilihan dan proses demokrasi, transparansi dan mendorong transparansi dan keterbukaan dalam pelaksanaan tugas serta tanggung jawab FKDM dan Bawaslu.

Lebih lanjut, untuk mendorong transparansi masyarakat dapat memahami dan mempercayai proses pengawasan yang dilakukan baik itu penyelesaian sengketa, menetapkan mekanisme antara FKDM dan Bawaslu dengan cara yang efisien dan adil dan menegakkan hukum untuk membangun kerjasama terhadap pelanggaran pemilihan umum yang terjadi.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menciptakan kerjasama yang efektif antara FKDM dan Bawaslu dalam mendukung pelaksanaan pemilihan umum yang adil, transparan, dan demokratis.

“Semoga dengan adanya MoU ini dapat membantu dalam masyarakat dalam pemilihan yang sebentar lagi akan kita laksanakan di Kabupaten Kampar,” tutup Hambali.Mil