Ikuti Kami
POLLING
170
Pada 2024 pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kampar akan dilangsungkan. Siapa diantara mereka menurut saudara sosok yang tepat untuk 5 tahun ke depan? (Urut nama sesuai berdasarkan abjad)

Politik

Pemkab dan Sejumlah Stakeholder Komit Wujudkan Kampar Kabupaten Layak Anak

pada

BANGKINANG – Pemerintah Kabupaten Kampar dan sejumlah stake holder menyatakan komitmen dan dukungannya agar Kabupaten Kampar meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA).

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE.MM di dampingi Pj Sekretaris Daerah Ir H Azwan M.Si saat mengikuti kegiatan Verifikasi Lapangan secara Hybrid (VLH) Evaluasi Kabupaten/Kota Layak Anak Kabupaten Kampar Tahun 2023 sekaligus memberikan sambutan terkait Penyelenggaraan Program Perlindungan Anak di Daerah Melalui Pembangunan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA), Rabu (24/5/2023).

Acara ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dengan Tim VLH Evaluasi Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Aula Balai Bupati Kampar.

Menurut Firdaus, perlu komitmen, penyamaan persepsi, kolaborasi dan sinergitas stakeholder yang ada di Kabupaten Kampar untuk mewujudkan KLA.

“Oleh sebab itu dengan komitmen bersama ini, kita dapat menaikkan peringkat Kampar dari madya ke nindya, tentu dengan berbagai konsekuensi perubahan yang sesuai dengan indikator dan persyaratan yang harus kita penuhi,” ujar Firdaus.

Sementara itu Pj Sekda Kampar H Azwan mengatakan, anak merupakan potensi dan generasi penerus bagi perjuangan bangsa, memiliki peran yang strategis dan memiliki peran khusus bagi keberlangsungan bagi negara Indonesia, khususnya Kabupaten Kampar pada masa yang akan mendatang. Ia menambahkan, pemerintah daerah berkewajiban dan bertanggung jawab untuk melaksanakan dan mendukung kebijakan nasional dalam penyelenggaraan program perlindungan anak di daerah melalui KLA. KLA adalah kabupaten/kota dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan.

Selanjutnya Pj Sekda Kampar berharap agar Kabupaten Kampar dapat naik ke posisi nindya dimana ini merupakan penghargaan atas kerja keras semua pihak dalam mendorong pembangunan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Kampar. “Diharapkan komitmen kita bersama untuk melalui proses verifikasi lapangan yang di laksanakan pada hari ini,” ulas Azwan.

Turut hadir pada kegiatan ini Asisten Deputi Perlindungan Khusus Anak dari Kekerasan Ciput Eka Purwianti, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Anak Kemenko PMK Silvani, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Riau Hj.Fariza SH. MH.

Sementara kegiatan zoom meeting di aula rumah dinas Bupati Kampar dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar Repol S.Ag, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kampar Edi Afrizal, sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar, Forkopimda Kabupaten Kampar, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar Akhir Yani, sejumlah perwakikan Lembaga Masyarakat, Lembaga Pendidikan serta Forum Anak Kampar.

Diantara yang hadir langsung menyampaikan berbagai hal berkaitan pemenuhan hak anak di Kabupaten Kampar. Mereka menyatakan komitmen bahwa mereka siap untuk meningkatkan pelayanan dan pemenuhan terhadap hak anak.***