Ikuti Kami
POLLING
170
Pada 2024 pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kampar akan dilangsungkan. Siapa diantara mereka menurut saudara sosok yang tepat untuk 5 tahun ke depan? (Urut nama sesuai berdasarkan abjad)

Politik

Sekda Kampar Hambali Buka High level Meeting TP2DD

pada

Inilahkampar-BANGKINANG – Sekda Kampar Hambali, SE. MBA. MH membuka kegiatan high level meeting tim percepatan dan perluasan digitalisasi daerah (TP2DD) Kabupaten Kampar. Kegiatan ini dilangsungkan di Menara Dang Merdu Bank Riwu Kepri Syariah, Pakanbaru, Selasa (5/12/2023).

Sekda Hambali menyampaikan dalam kata sambutannya menyampaikan meningkatnya ketidakpastian perekonomian global, pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau pada triwulan III tetap kuat yaitu sebesar 4,88 persen (yoy). Dan pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau kedepan akan didukung oleh permintaan domestik yang tetap kuat, baik konsumsi swasta dan pemerintah, maupun investasi.

Dan untuk menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi, akselerasi digitalisasi pembayaran di daerah serta optimalisasi pemanfaatan teknologi digital dalam transaksi keuangan pemerintah daerah menjadi esensial digitalisasi transaksi Pemda akan mendukung peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dan percepatan realisasi APBD yang akhirnya akan berkontribusi pada perekonomian nasional maupun Provinsi Riau, khususnya di Kabupaten Kampar.

Sekda Kampar ini juga menyampaikan bahwa sinergi, kolaborasi dan inovasi merupakan kunci keberhasilan dalam mempercepat dan memperluas digitalisasi transaksi Pemda untuk mewujudkan Kampar yang semakin melaju. Dan sinergi kebijakan pusat dan daerah serta kolaborasi harmonis antara pemerintah dan industri akan dapat menumbuhkan inovasi transformasi digital di Kabupaten Kampar.

“Untuk itu, sebagaimana keputusan Presiden nomor 3 tahun 2021 tentang satuan percepatan dan perluasan digitalisasi daerah, telah dibentuk tim percepatan dan perluasan digitalisasi daerah Kabupaten Kampar, sesuai dengan keputusan Bupati Kampar nomor 970-343/iii/2021 tanggal 31 Maret 2021.

Sekda Kampar juga mengatakan bahwa ada beberapa arahan kebijakan Presiden Jokowi yang mana disampaikannya saat rapat koordinasi nasional percepatan perluasan digitalisasi daerah tahun 2023 yang menjadi komitmen dan perhatian TP2DD Kabupaten Kampar kedepannya. Diantaranya adalah
perlunya penguatan regulasi daerah untuk mendukung implementasi percepatan dan perluasan digitalisasi daerah, antara lain perda pajak daerah dan retribusi daerah serta perkada kartu kredit pemerintah daerah.

Selanjutnya TP2DD dan anggota satgas P2DD agar terus mendorong inovasi digital sebagai bagian kebijakan optimalisasi PDRD dan peningkatan tata kelola belanja daerah.
ketiga, penguatan infrastruktur dalam rangka perluasan jaringan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan mendorong inisiatif dan penyediaan infrastruktur tik di daerah melalui APBD. Keempat, penguatan sistem informasi pengelolaan keuangan dan transaksi Pemda, harmonisasi pusat dan daerah perlu melalui p2dd perlu diperkuat untuk mengawal desain, penguatan, piloting dan implementasi sistem informasi pembangunan daerah (sipd)

“penyelenggaraan high level meeting tp2dd Kabupaten Kampar ini merupakan bagian dari upaya kita semua untuk penguatan kebijakan dan implementasi p2dd di Kabupaten Kampar. TP2DD telah menjadi forum untuk memperkuat koordinasi antara Stakeholders di daerah guna mendorong digitalisasi, khususnya percepatan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah.

“Pada kesempatan yang baik ini, kami menyampaikan apresiasi kepada bapak ibu kepala OPD penghasil PAD yang telah menerapkan pilihan pembayaran pajak dan retribusi daerah secara non tunai, baik melalui qris maupun kanal pembayaran lainnya. Dari sisi belanja-belanja Kabupaten Kampar juga telah mengimplementasikan cash management system dan payroll system dengan sangat baik. Ini menunjukkan komitmen dalam mendukung akselerasi ekonomi dan keuangan digital tersebut melalui tp2dd Kabupaten Kampar,” tutup Hambali.

Hadir pada acara ini Direktur Dana danJasa Bank Riau Kepri, Suharto, Pimpinan divisi dana dan digitalisasi Imron, Pimpinan Cabang BRK Syariah Zamroni Fatoni, Kepala Bapenda Kampar, Kholidah, Kadis Koperasi dan UKM Kampar Dendi Zulhairi M.Si dan Kepala OPD terkait lainnya.***